Ratandi

Friday, May 23, 2014

Tabung TV rusak?


Vonis awal saat tv tidak menampilkan gambar adalah tabung/crt. Pada dasarnya warna yang muncul dari sebuah tabung/crt tv berasal dari penggabungan tiga warna,yaitu merah(Red) hijau(Green) dan biru(Blue). Berikut adalah beberapa kerusakan pada rangkaian blok RGB:
*Jika salah satu pin warna bermasalah, biasanya warnanya akan terlihat lebih dominan. Dan ketika trimer screen pada fbt dinaikan, akan timbul garis blanking serta warna pin yang bermasalah tadi. Dimana pada crt yang normal adalah blanking disertai warna dasar putih. Cek tegangan masing² pin pada socket(kr,kg dan kb) biasanya dibawah 180 volt, jika salah satu pin berbeda jauh selisih teganganya teliti jalur pin bermasalah ini. Pada blok rgb cek tahanan nilainya melar/putus, transistor setengah short, capasitor yang soak dan jalur pcb rangkaian ada kemungkinan solderan retak atau konslet, sedangkan dimainboard rangkaian tv cek dioda zener di pin out warna pada ic chroma. Jika semua normal coba di ukur dengan melepas socket rangkaian rgb dari crt, karena ada kemungkinan pin pada crt short.
Salah satu warna rgb tidak muncul, dapat dipastikan dengan menghubungkan sesaat ground dengan pin crt. Jika warna tetap tidak muncul, berarti crt telah putus. Untuk mengatasinya dengan crt restorer, akan tetapi peluangnya tipis/tidak awet. Jika warna sempat muncul, cek seperti kerusakan sebelumnya.
*Lain halnya bila warna cenderung kuning atau kemerahan tipis, hal ini biasanya disebabkan renggangnya solderan dan lemahnya tr rgb. Resolder pada rangkaian rgb serta semua kaki ic chroma, jika kuning dapat dipastikan pin B tidak bekerja optimal(R dan G : kuning). Dan apabila kemerahan/coklat pin G bermasalah, periksa jalur mulai dari ic chroma sampai blok penguat RGB. Cek tegangan heater harus sekitar ± 5volt ac, jika kurang ada kemungkinan tegangan heater fbt short dengan ground (ini terjadi pada tampilan crt yang kemerahan). Buat lilitan pada ferit fbt (2-4 l sampai kisaran ± 5v ac) dan pisahkan h1 dengan ground.
*Gambar cacat/bergetar dan tidak sinkron, periksa vcc 180 v rgb. Biasanya capsitor 10-22uf / 250v yang kembung/soak.
*Gambar saat start tidak fokus/jelas/buram baru 5menit - 1jam normal, ganti socket crt. jika setelah 1 jam lebih tetap buram, patut di curigai adalah ic vertikal tidak bekerja optimal.
*Gambar belang/cacat seperti pelangi terutama dipojok layar. Atau jika total akan tampak tidak beraturan, hal ini disebabkan kabel degausing yang tidak bekerja optimal menetralisir efek medan magnet dari luar crt karena putus atau rusaknya ptc. Jika pelangi tmpk teratur berup gris-garis warna, kerusakan adalah di blok penguat vertikal.
*Gambar gelap suara normal, heater menyala. cek tegangan g2 ( ±200v ac) capasitor screen lemah/g2 short dengan ground(cek dengan melepas socket dari crt). R abl putus/melar nilainya, putar trimpot screen fbt lihat ada perubahan atau tidak(ada kemungkinan fbt telah lemah).
*Gambar gelap, heater mati walaupun tegangan ±5 v ada. Adanya loncatan kilat dalam leher tabung, timbul retakan disekitar kop fbt hingga keluar kilatan corona yang biasanya hal ini terjadi karena B over. Alhasil Crt telah mati dan tidak bisa di perbaiki, selain dengan penggantian crt tentunya.
Demikian kumpulan kerusakan blok rgb dan crt berdasarkan pengalaman saya, barangkali ada tambahan maupun koreksi silahkan di komen
Thank s

No comments:

Post a Comment