Ratandi

Friday, December 2, 2011

Amankah akun facebook anda ?


Kapan akun fb bermasalah ? Saat login adalah celah dimana akun kita bisa terbobol atau pun terblokir mungkin tanpa kita sadari. Berikut beberapa kesalahan yang sebaiknya kita cermati :
⊙Dimanakah kita membuka fb? Kalau kita membukanya di peramban pribadi kita tentu peluang orang lain membobol akun kita akan minim. Akan tetapi saat dipinjam atau mungkin hilang, tentu tak bisa kita cegah bukan, jagalah dengan baik peramban anda !
⊙Jika kita membukanya di gadged orang alias pinjam atau dari warnet, sebaiknya selalu ingat untuk log out ketika sudah selesai.
⊙Kesalahan berikutnya adalah penggunaan pasword yang terlalu mudah di hack, seperti tanggal lahir atau nama panggilan anda. Sebaiknya dalam membuat pasword gunakan kombinasi huruf dan angka atau huruf kecil dan besar, misal: 4pr0d1t3 atau A5mArAq. Jangan menggunakan pasword yang sama antara akun fb dan akun email anda.
⊙Jangan terlalu banyak membuka akun anda diberbagai media secara hampir bersamaan tanpa log out di peramban sebelumnya, karena akun anda bisa diblokir oleh facebook. Untuk membenahinya gunakan peramban pribadi anda, log in kemudian jawab pertanyaan pengamanan dari fb, isi kode captcha dah beres. Kemudian fb akan memberi tahu anda peramban apa saja yang dicurigai sehingga akun di blok, dan menanyakan aman atau tidak peramban tersebut. Kalau anda merasa tidak aman segera ganti pasword di pengaturan akun anda.
⊙ Blokir bisa juga terjadi kalau akun kita di curigai oleh pihak fb, pernah lihat tulisan Laporkan ini karena saya pernah mengalami dan setiap buka akun selalu ada pemberitahuan yang intinya 'akun anda untuk saat ini tidak bisa dibuka, cobalah beberapa saat lagi' dan kubiarkan saja, pasrah dah ! Baru 5 hari kemudian bisa normal, huh kesal jadinya.
⊙ Blokir berikutnya akan terjadi waktu mengganti atau menambahkan alamat email ke akun anda, usahakan email yang digunakan itu valid artinya akun email bisa dibuka bukan abal-abal dan belum pernah digunakan di akun fb lain, karena pihak fb akan merespon perubahan ini dengan mengirim tautan konfirmasi ke alamat email baru anda. Jika tidak segera di konfirm maka akun fb pun di blokir, jika ini terjadi dan anda tidak bisa membuka email anda ada pilihan mengganti alamat email dan sebaiknya harus valid.
Dan bagaimana kalau sudah kena hack ? Sebenarnya kita masih bisa mengembalikan akun fb yang telah kena hack, asal kita telah menambahkan alamat email yang valid ke akun fb kita. Dan usahakan sebelumnya pasword fb dan email tidak sama tentu untuk pengamanan. Karena setiap perubahan yang kita lakukan di fb akan di respon oleh pihak fb ke alamat email tersebut. Jadi jika anda pengguna nomer mobile untuk login tambahkan email ke akun anda sekarang !
Ketika hal yang tidak di inginkan terjadi kita tinggal cek inbox email dari fb, disana ada pilihan tautan untuk tindakan lebih lanjut.

No comments:

Post a Comment