Ratandi

Monday, March 19, 2012

BROD (blue ring of dead) SE K 850i

Bukan fanatik dengan hp soner, tapi inilah gadget yang paling mudah dan sesuai dengan gretongers. Untuk pengaturan sambungan internet baik apn, proxy, port, dns dan seterusnya dengan mudah merubahnya, berbeda dengan HP symbian yang mesti menggunakan FILEPROV super ribet. Secanggih apapun gadget terbaru yang muncul di pasaran tak bisa mengimbangi keunggulan HP java ini (karena gadget baru tidak bisa buat gratisan), Gadget terbaru bagusnya buat mejeng saja. Akan tetapi hal ini patut di syukuri, karena dengan kemunculan gadget tersebut membuat harga hp lama menjadi terjangkau alias murah. Bayangkan saja,yang dulu harganya 1-2 juta lebih sekarang harganya 500 ribu saja tidak sampai. Jadi kalau sekarang kepingin membeli gadget terbaru, sabar saja tunggu secondnya. Biarkan pasar yang mengeliminasi !

Inilah gadget yang saat ini memenuhi hasratku ngebrowsing gratisan selama ini, sebelumya memakai SE k 700, s 312, k 750, w 660i dan w 910. Dan k 850i lebih unggul dalam sinyal gprs (setelah test dengan beberapa hp SE sebelumnya) baik browsing, download, upload, posting dan sebagainya wuzzz ... Lancar !
Akan tetapi tidak ada yang sempurna didunia ini, perlu diketahui ada kekurangan dalam produk keluaran SE.
Pertama ada kalanya hp sering error, tampilan layar seperti di acak kadang sampai blank putih dan pengaturan pada hp sering berubah dengan sendirinya (berdasarkan pengalaman terutama pada pengaturan sms), solusinya dengan mematikan hp dan melepaskan memory dan sim card minimal 30 menit. Karena error seperti ini terjadi disebabkan oleh hp terlalu berat memuat memory card (2 Gbyte), kemudian nyalakan kembali dan setel ulang tanggal serta waktu. Jika pengaturan masih error lakukan master reset, pertama jalankan reset setting dulu. Biasanya dengan reset ini pengaturan hp akan kembali normal, jika layar kembali hang ada baiknya ganti memory card dengan kapasitas lebih kecil (512 atau 1 G) dengan mencoba melepaskan memory card sebelumnya dan lihat ada perbedaan atau tidak.
Layar lcd yang blank juga bisa terjadi karena rusaknya kabel flexy, terutama jenis hp slide. Biasanya ditandai dengan blank hitam dan hp masih bisa digunakan untuk telepon, berbeda dengan cerita blank sebelumnya, dimana hp macet/hang dan baru bisa di offkan dengan melepas baterai. Solusinya dengan mengganti kabel flexy, harganya murah antara 20-40 ribu (jika bisa memasang sendiri).
Berikutnya adalah kerusakan hp sering restart sendiri saat membuka aplikasi dan kemudian pengaturan tampilan tema berubah dengan tema bawaan hp. Seperti baterai hp drop, padahal masih dalam level hijau dan normal ketika digunakan kembali. Hal ini disebabkan penggunaan aplikasi dan tema yang besar ukuranya, sehingga membebani hp meskipun aplikasi tersebut berada di folder memory card. Sebaiknya gunakan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas hp, biasanya di tandai dengan loading yang lama pada saat start.
Jika hal ini dibiarkan berlanjut, hp akan menjadi hang dan mati. Saat dihidupkan hanya bisa normal sebentar kemudian blank lagi. Terkadang hanya lampu keypad saja yang berkedip dan lampu biru pada kamera belakang yang menyala terus mati (BROD pada k 850), walaupun sambil di charge pun tetap sama. Hal ini disebabkan oleh error pada software hp, dimana perbaikan hanya bisa dilakukan dengan upgrade software oleh servis resmi (SESC) atau yang lebih berkompeten.
Tapi mungkin bisa dicoba cara sederhana ini sebelum berputus asa, siapa tahu akan berjalan di hp Anda.
Siapkan baterai dalam kondisi full (charge dengan desktop/charge duduk jika perlu),
lepaskan sim dan memory card,
kemudian lepaskan chasing, lepas keypad-kamera-lcd dan nyalakan hp, biarkan hp dalam keadaan BROD,
lihat sesekali hp, jika bisa on normal matikan dan secara bertahap sisipkan bagian yang telah dilepas,
nyalakan kembali, biarkan BROD terulang lagi jika terjadi,
jika sudah normal kembalikan pengaturan awal (master reset - setting) jika perlu atau mengubah dan menghapus tema serta aplikasi yang sekiranya membebani hp.
Dengan langkah-langkah ini BROD akan hilang tanpa perlu mengupgrade hp dan peralatan servis lainya, karena yang diperlukan adalah kesabaran.
Hv learn n Good luck buddy!

No comments:

Post a Comment